Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

5 Makanan yang Bisa Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh Manusia

05 September, 2021 | 9/05/2021 WIB Last Updated 2022-06-25T00:14:07Z
5 Makanan yang Bisa Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh Manusia
5 Makanan yang Bisa Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh Manusia


Masalah kolesterol tinggi seakan tidak bisa dilepaskan pada kehidupan sekarang ini. Banyaknya resep makanan yang kaya lemak jahat dan kebiasaan kurang gerak, membuat asupan kolesterol meningkat di dalam darah. Kabar buruknya, kolesterol yang menimbulkan plak di pembuluh darah bisa mengakibatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Selain dengan berolahraga secara teratur, kolesterol dapat dikendalikan dengan mengatur pola makan. Termasuk di dalamnya, seseorang mesti pilah-pilih makanan yang hendak dimakan. Dikutip dari laman Okezone dari NaturalNews, ada pula makanan yang memiliki kandungan nutrisi untuk mengontrol kolesterol.

1.Gandum. 
Bahan makanan ini adalah sumber serat larut. Kala serat ini bertemu dengan kolesterol, maka lemak tersebut ikut terserap dan dibuang dari tubuh. Disarankan untuk mengonsumsi gandum setiap hari dengan porsi ¾ gelas untuk menurunkan sekitar 10 persen dari kolesterol jahat.

2. Wortel. 

Sayuran ini menurunkan kolesterol dengan menggunakan serat pektin yang dimilikinya. Dengan mengonsumsi dua buah wortel per hari, dapat menurunkan kolesterol sebanyak 10-20 persen dalam waktu 3 minggu. Selain itu, wortel juga bisa menurunkan hipertensi secara cepat. Caranya, ambil dua buah wortel lalu parut. Peras parutan wortel hingga keluar airnya. Saring dan langsung diminum.

3.  Serat pektin

Sumber serat pektin lainnya bisa didapat pula dengan makan apel dan lapisan jeruk berwarna putih. Jangan lewatkan kedua buah ini dalam menu makan harian Anda.

4. Kacang lentil dan kacang merah. 

Kacang ini juga berguna untuk mengendalikan kolesterol, sekaligus rendah lemak. Ini tidak terbatas pada kedua jenis kacang tersebut saja. Kacang kenari, contohnya, memiliki asam alpha-linolenic yang membantu menurunkan kolesterol.

5. Wijen. 

Biji wijen memiliki senyawa yang disebut fitosterol. Gunanya untuk memperlancar aliran darah dan membuang kolesterol yang berlebihan.




iklan

close